Alat Musik Tradisional dan Seni Tari Jawa Timur

Informasi Seputar Alat Musik Tradisional dan Seni Tari Daerah Jawa Timur

Alat Musik Tradisional Angklung Caruk


Alat Musik Tradisional Angklung CarukAngklung Caruk adalah pementasan dua perangkat Angklung Banyuwangi lengkap yang diadu kecakapannya dalam membawakan gending-gending angklung. Kata caruk berasal dari bahasa Osing Banyuwangi yaitu "kecaruk" yang artinya bertemu atau berjumpa. Angklung Caruk diartikan bertemunya dua kelompok Angklung Banyuwangi yang saling mengadu ketrampilan dan tehnik dalam membawakan atau memainkan alat musik angklung, dengan segala variasi dan improvisasi.

Biasanya perlombaan tersebut berada di suatu pentas pertunjukan dimana berhadapan dua grup Angklung Banyuwangi. Ilustrasinya seperti ini :
Grup 1 membawakan sebuah gending dan apabila gending ini dapat diikuti dan dibawakan oleh grup 2, maka grup 2 memberi isyarat untuk menghentikan permainan grup 1, dengan cara mengorek angklungnya sendiri. Kemudian segera grup 2 mengulang gending seperti yang dimainkan grup 1 tadi dari awal hingga selesai. Selanjutnya grup 2 membuka dan mulai membawakan gending baru. Apabila gending baru ini dapat diikuti dan dibawakan oleh grup 1, maka grup 1 ganti mengorek angklungnya sendiri dengan maksud menghentikan permainan grup 2. Selanjutnya grup 1 memainkan gending yang dibawakan grup 2 tadi dari awal hingga selesai, kemudian dilanjutkan dengan gending kreasi grup 1. Begitu seterusnya dilakukan sampai menjelang senja.

Gending yang dibawakan dalam pementasan Angklung Caruk ini biasanya gending-gending yang tidak mempunyai judul tertentu, jadi pada dasarnya hanya tergantung pada masalah yang bersifat intuitif, gerak permainan berdasarkan refleksi yang kuat dan spontan, kepekaan rasa dan daya kemampuan menyusun, membuat variasi dan improvisasi, bahkan terkadang tercipta gending baru pada saat itu oleh para pemainnya. Pemain Angklung Caruk ini biasa disebut setoo (baca : Setok).
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Alat Musik Tradisional Angklung Caruk"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top