Alat Musik Tradisional dan Seni Tari Jawa Timur

Informasi Seputar Alat Musik Tradisional dan Seni Tari Daerah Jawa Timur

Alat Musik Rending

Rending merupakan alat musik masyarakat Madura yang sangat sederhana bentuknya. Terbuat dari silatan (kulit) bambu dengan ukuran panjang sekitar 12,5 cm. Silatan bambu ini tengahnya sebagian dikerat menjadi belahan memanjang sedemikian rupa halusnya sehingga dapat berfungsi sebagai alat penimbul getaran.

Jika pangkal ujungnya ditarik dengan untaian tali yang terikat erat pada pangkal ujung tersebut, maka timbullah suara melalui proses rongga mulut sebagai ruang gema atau resonator. Kalau akan membunyikan, Rending ini ditempatkan diantara bibir atas dan bibir bawah dengan posisi mulut setengah terbuka.

Iramanya ditimbulkan dari proses permainan lidah. Lagu Rending bersifat bebas dan spontan menurut selera si pemain. Alat musik rending ini hanya dimainkan oleh satu orang tetapi kadang-kadang dapat dimainkan lebih dari satu orang.

Di Madura alat musik Rending digunakan sebagai hiburan oleh petani di desa, dimainkan saat waktu senggang di kala para petani sedang menunggu padi yang menguning. Dasar interval nada yang ditimbulkan oleh alat musik Rending ini pada dasarnya berkisar pada interval nada pentatonik slendro.
Bagikan :
+
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Alat Musik Rending"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top